BEST PRACTICE RENCANA AKSI 2 DINAMIKA PENDUDUK INDONESIA
LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan,
Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Nama : Agung
darmadi
NIM : 229018495031
LPTK : Universitas Negeri Makassar
Kelas : 008
Lokasi
|
SMP
Islam Al-Qalam |
Lingkup
Pendidikan |
Sekolah
Menengah Pertama (Kelas VII) |
Tujuan
yang ingin dicapai |
Mengatasi rendahnya pemahaman materi aktual faktual kontekstual |
Penulis
|
Agung
Darmadi, S.Pd |
Tanggal
|
12 dan 16 September 2022 |
Situasi: Kondisi
yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk
dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini. |
Identifikasi masalah yang terjadi adalah : ·
Sulitnya memberikan gambaran yang konkret pada Materi aktual
dan Kontekstual ·
Kurangnya media ajar yang ada di sekolah. ·
Kurangnya pemanfaatan media
dalam kegiatan pembelajaran. Pemahaman konsep
sangat penting untuk dimiliki oleh siswa, dengan pemahaman konsep siswa
menjadi lebih mudah mempelajari materi yang diterima. Selain itu siswa juga akan lebih baik
mudah untuk menerima konsep baru. Memahami konsep bukan hanya dengan
menghafal namun dengan mempelajari contoh-contoh konkret sehingga siswa mampu
mendefinisikan sendiri atau suatu infomasi (Hamzah, 2006:12-13). Seperti
itulah masalah yang dihadapi di dalam kelas, yakni sulitnya memberikan gambaran konkret dari materi yang
disampaikan agar benar-benar melekat pada ingatan siswa, sehingga hal
tersebut berakibat langsung pada rendahnya kualitas hasil yang dicapai oleh
para siswa serta lemahnya siswa dalam memahami konsep pembelajaran tersebut. Kondisi semacam ini akan terus terjadi selama tidak ada
inovasi pada pembelajaran. Praktik pembelajaran ini menurut saya penting untuk
dibagikan karena saya kira banyak guru mengalami permasalahan yang sama
dengan permasalahan yang saya alami sehingga dengan adanya praktik baik ini
diharapkan bisa menjadi referensi atau inspirasi bagi rekan guru yang lain. Saya sebagai guru memiliki tanggung jawab untuk
melakukan pembelajaran inovatif dengan menggunakan media pembelajaran dan
model pembelajaran inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan motivasi belajar
siswa meningkat sesuai dengan yang diharapkan. |
Tantangan : Apa
saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang
terlibat, |
Setelah dilakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri,
wawancara rekan sejawat,. Hasil wawancara dengan wali kelas tujuh diketahui bahwa masalah yang dihadapi di kelas adalah ketika guru
menjelaskan materi pelajaran siswa kurang fokus dan
cepat lupa pada materi yang telah diajarkan hal ini menunjukkan bahwa kurang melekatnya pemahaman konsep pada
siswa terhadap mata pelajaran IPS Terpadu. Pada saat wawancara dengan Rekan Guru, beliau menuturkan bahwa sekolah tidak memiliki fasilitas seperti proyektor,
peta media
ajar untuk kegiatan pembelajaran IPS Berdasarkan hasil wawancara , dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran IPS tidak menarik karena Peserta didik hanya
belajar secara menghafal dan sumber belajar terbatas, tidak menggunakan media sehingga siswa tidak
paham konsep yang mereka pelajari. Oleh karena itu, guru akan melakukan ·
pembelajaran Dinamika Penduduk Indonesia dengan menggunakan media ajar yang menarik dan
tepat. ·
merancang
pembelajaran yang inovatif dengan menerapkan model pembelajaran yang yang
mampu membangkitkan motivasi belajar siswa. ·
Melakukan
penataan kelas yang menarik sehingga bisa meningkatkan perhatian dan motivasi belajar siswa. Pemahaman konsep dalam pelajaran IPS lebih bermakna
jika tertanam dalam diri peserta didik. Oleh karena itu dalam
meningkatkan pemahaman materi yang diberikan oleh guru harus sesuai
dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Maka
informasi dapat tersampaikan dengan baik dan siswa
dapat memahami konsep itu dengan alat bantu, media ajar yang digunakan siswa
dapat membantu mereka untuk mendapatkan gambaran yang nyata tidak hanya
sekedar menghayal tentang materi yang guru berikan sehingga apabila paham secara konsep
mereka akan terhindar dari kesalahan
saat mengerjakan soal. |
Aksi : Langkah-langkah
apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang
digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber
daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini |
Langkah-langkah
yang dilakukan untuk menghadapi tantangan antara lain. 1.
Berkaitan
dengan media ajar. fungsi media ajar yaitu sebagai alat bantu dalam
pembelajaran yang memiliki fungsi memperjelas, memudahkan siswa memahami
konsep atau teori yang akan disampaikan.
Sehingga materi yang bersifat abstrak, faktual dan kontekstual bisa di
sajikan dalam ruang kelas. Dalam
hal ini penggunaan media yang digunakan adalah video dan gambar yang relevan
dengan materi yang sedang dipelajari. 2. Berkaitan dengan model
pembelajaran Pada rencana aksi 2 saya menggunakan model
pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning, dimana pada
pertemuan pertama Guru menerapkan model Discovery learning
dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan berfikir peserta didik lebih
aktif, kreatif dan membangun sikap percaya diri dalam proses pembelajaran.
Adapun langkah-langkah Model Pembelajaran Discovery Learnig adalah : 1.
Pemberian rangsangan
(stimulation) 2.
Pernyataan/Identifikasi
masalah (problem statement) 3.
Pengumpulan data (data collection) 4.
Pengolahan data (data
processing) 5.
Pembuktian (verification) 6.
Menarik simpulan/generalisasi
(generalization) Selanjutnya pada pertemuan kedua model pembelajaran
yang digunakan adalah Problem Based
Learning.
Model pembelajaran berbasis masalah merupakan pembelajaran
yang menggunakan berbagai kemampuan berpikir dari peserta didik secara
individu maupun kelompok serta lingkungan nyata untuk mengatasi permasalahan
sehingga bermakna, relevan, dan kontekstual Sintak model Problem-based Learning menurut Arends
(2012) sebagai berikut: ·
Orientasi peserta didik pada masalah ·
Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar ·
Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok ·
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya ·
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah 3. Berkaitan dengan penilaian Seorang guru juga dituntut untuk menilai secara
keseluruhan dari ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Tentunya dalam
instrumen yang lengkap mulai dari kisi-kisi, indikator ketercapaian setiap
ranah, dan rubrik penilaian untuk melengkapi penilaian akhir pembelajaran. 4. Berkaitan dengan kondisi
ruangan Guru mendesign ruangan dengan baik mulai dari
kebersihan, posisi
kursi sehingga peserta didik dapat fokus dan kerapihan
sehingga siswa memiliki motivasi belajar yang baik serta pembelajaran yang
nyaman. |
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana
dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya
efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?
Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang
menjadi faktor keberhasilan atau ketidak berhasilan dari strategi yang
dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut |
Dampak
dari penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based
Learning dapat membuat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan menjadi
lebih baik dimana dalam 11 siswa kelas VII
9 diantaranya memperoleh nilai diatas KKM, 2 orang peserta didik tidak
mendapatkan nilai yang baik karena pada pertemuan pertama tidak hadir, selain
itu respon guru mata pelajaran yang sama mengatakna bahwa ada peningkatan
secara positif terhadap nilai dan pengetahuan peserta didik. Hal
yang menjadi faktor keberhasilan adalah
adanya model dan metode yang sesuai dengan karakteristik siswa
ditambah penggunaan media video dan gambar sehingga materi yang sifatnya
konseptual dan faktual yang tidak dapat didapatka dalam ruang kelas seperti
biasa, dapat ditampilkan dalam bentuk video dan media gambar. Hal ini
memudahkan siswa untuk belajar karena bisa mengamati secara langsung. Terlepas
dari semua itu Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat
ditentukan akan penguasaan guru terhadap model dan langkah-langkah pembelajaran
yang diterapkan dan kemampuan guru menerapkan media pembelajaran yang menarik
sehingga hasil belajar siswa meningkat. |
Komentar
Posting Komentar