RPP IPS K13, PROBLEM BASED LEARNING KELAS IX, INTERAKSI ANTAR RUANG NEGARA ASIA DAN BENUA LAINNYA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
(Pembelajaran Luar Jaringan)
Satuan Pendidikan : SMP Islam
Al-Kalam
Mata Pelajaran : IPS
Terpadu
Kelas / Semester : IX / 1
Tema : Interaksi
Antarruang Negara-negara Asia dan Benua lainnya
Sub Tema : - Dinamika penduduk Afrika (pertemuan 1)
- Dinamika Penduduk Australia (pertemuan
2)
Pembelajaran ke : 14 dan 15
Alokasi waktu : 4 x 40
menit ( 2 Kali Pertemuan)
A. KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
3. Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang teori.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
No |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI |
1 |
3.1
Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua
lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan
pengaruhnya |
Pertemuan 1 3.1.1
Menjelaskan
dinamika penduduk Benua Afrika. (Indikator Inti) 3.1.2
Menganalisis
jumlah, sebaran, dan komposisi, pertumbuhan, kualitas dan dan keragaman etnik
aspek-aspek budaya) Benua Afrika. (Indikator Pendukung). Pertemuan 2 3.1.3
Menjelaskan
dinamika penduduk Benua Australia.(Indikator Inti) 3.1.4
Menganalisis jumlah,
sebaran, dan komposisi, pertumbuhan, kualitas dan dan keragaman etnik aspek-aspek
budaya) Benua Australia. (Indikator Pendukung) |
2 |
4.1 Menyajikan
hasil telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi antarruang negaranegara Asia dan benua
lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap
keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan
politik |
4.1.1
Menyajikan hasil telaah
kegiatan pembelajaran dalam bentuk presentasi dengan penuh percaya diri dan santun. |
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran peserta
didik diharapkan mampu:
1. Dengan metode ceramah dan tanya jawab peserta didik dapat menjelaskan
pengertian dinamika penduduk Afrika
dengan benar.
2. Dengan berdiskusi peserta didik mampu menganalisis jumlah, sebaran, dan komposisi, pertumbuhan,
kualitas dan dan keragaman etnik aspek-aspek budaya) Benua Afrika dengan tepat.
3. Dengan metode ceramah dan tanya jawab siswa dapat menjelaskan dinamika
penduduk Benua Australia dengan
tepat.
4. Dengan berdiskusi siswa mampu menganalisis jumlah, sebaran, dan komposisi, pertumbuhan, kualitas dan
dan keragaman etnik aspek-aspek budaya) Benua Australia.
5. Dengan model pembelajaran problem based
learning siswa mampu menyajikan hasil telaah kegiatan pembelajaran dalam
bentuk presentasi dengan penuh percaya diri dan santun.
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
1.
Dinamika Penduduk
Afrika
2. Jumlah,
sebaran, dan komposisi, pertumbuhan, kualitas dan dan keragaman etnik
aspek-aspek budaya) Benua Afrika.
Pertemuan 2
1. Dinamika
penduduk Benua Australia
2. Jumlah,
sebaran, dan komposisi, pertumbuhan, kualitas dan dan keragaman etnik
aspek-aspek budaya) Benua Afrika.
E. PENDEKATAN, MODEL, DAN METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Saintifk
2.
Model :
Pembelajaran kontekstual dan Problem based learning
3. Metode : Diskusi, Tanya jawab, ceramah
F. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
||||||||||||
KEGIATAN
AWAL |
· Peserta
didik dan guru mengucapkan salam dan berdoa. · Guru
memeriksa kehadiran peserta didik. · Guru
memberikan apersepsi dengan menayakan
pertanyaan yang terkait dengan
pembelajaran , misalnya bagaimana kondisi alam Benua Afrika secara umum?
mengapa penduduk Afrika bermigrasi ke negara atau benua lain? kemudian
mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari. · Guru
menyampaikan model dan metode pembelajaran yang akan digunakan. · Guru
menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan. · Peserta
didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran. |
10 menit |
||||||||||||
KEGIATAN
INTI |
STIMULASI · Guru
menyampaikan penjelasan singkat bahwa dengan kondisi alam Benua Afrika yang
sebagian besar tandus mempengaruhi kehidupan masyarakatnya. Peserta didik
kemudian mengamati gambar/foto atau penayangan video kehidupan masyarakat
gurun di Benua Afrika dan Indonesia. Gambar
: 1
Gambar : 2
Gambar : 3
Gambar 4.
· Guru
memancing siswa untuk bertanya mengenai kondisi alam dan masalah yang
dirasakan sendiri di lingkungan sekitarnya
. · Menentukan
pertanyaan mendasar kegiatan pembelajaran , yaitu “Bagaimana pengaruh kondisi
alam Benua Afrika terhadap kehidupan masyarakat dilihat dari faktor ekonomi
dan sosial?” IDENTIFIKASI MASALAH ·
Kelas dibagi ke dalam
4 (empat) kelompok untuk menyelesaikan masalah, yaitu “menelaah pengaruh
kondisi alam Benua Afrika terhadap kehidupan masyarakat dilihat dari faktor
ekonomi dan Sosial.” ·
Menyampaikan lembar
kerja (LKPD) untuk dikerjakan dalam kegiatan pembelajaran. PENGUMPULAN INFORMASI ·
Setiap kelompok melaksanakan
penyelidikan dengan cara mengumpulkan
bahan/informasi tentang pengaruh
kondisi alam Benua Afrika terhadap kehidupan masyarakat dilihat dari faktor
ekonomi dan Sosial melalui buku, internet, dan sumber yang relevan ·
Membimbing peserta didik berkenaan
dengan tugas penyelesaian masalah PENGOLAHAN DATA · Peserta
didik menuliskan dan menyimpulkan masalah dari beberapa informasi yang telah
dikumpulkan. PEMBUKTIAN · Hasil
dari penyelesaian masalah dibuat dalam
bentuk laporan sederhana dipresentasikan atau dipublikasikan kepada peserta
didik yang lain secara bergiliran, mulai dari kelompok 1, 2, 3, dan 4.
Kelompok yang tidak tampil memberikan pertanyaan, tanggapan, atau bahkan
sanggahan bila perlu. |
60 menit |
||||||||||||
PENUTUP |
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru tentang
materi yang dipelajari tentang Dinamika penduduk Afrika ·
Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran
yang telah dilakukan ·
Guru melakukan evaluasi mengenai proses pembelajaran
yang telah dilakuan. ·
Mengagendakan pekerjaan rumah mengenai dinamika
penduduk Afrika dan mengingatkan
materi pelajaran pada pertemuan berikutnya. ·
Guru dan Peserta didik mengucapkan salam dan berdoa |
10 menit |
Pertemuan 2
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|||
KEGIATAN
AWAL |
· Peserta didik bersama guru
menyampaikan salam dan berdoa. · Peserta didik bersama guru
mengondisikan kelas. · Guru memberi motivasi
kepada peserta didik. · Peserta didik mengumpulkan
tugas individu yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya. · Guru menanyakan tentang
materi pembelajaran berkaitan misalnya Apa hewan khas benua Australia.? · Guru
menyampaikan model dan metode pembelajaran yang akan digunakan. · Guru
menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan. · Peserta
didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru. |
10 menit |
|||
KEGIATAN
INTI |
MENGAMATI · Peserta
didik ditugaskan guru untuk mengamati video mengenai Benua Australia,
kemudian mendiskusikan kondisi penduduk Australia beserta dinamikanya yang
ingin diketahui dari pengamatan itu.
MENANYA · Peserta
didik diminta merumuskan pertanyaan dari hal-hal yang ingin diketahui dari
hasil pengamatan, misalnya. 1.
Apa nama suku Penduduk asli Australia? 2.
Apa saja bangsa pendatang di Benua
Australia? 3.
Mengapa Australia didominasi oleh
penduduk berkulit putih? 4.
Apakah penduduk Australia tersebar
merata? dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. · Satu
persatu peserta didik diminta menuliskan pertanyaan di papan tulis. · Guru
menyeleksi pertanyaan peserta didik yang sesuai dengan topik dan tujuan
pembelajaran. · Guru
membagi peserta didik kedalam beberapa kelompok kecil. · Guru
memberikan lembar LKPD untuk dikerjakan dalam pembelajaran. MENGUMPULKAN INFORMASI · Peserta
didik memperhatikan penjelasan singkat tentang dinamika penduduk Australia,
seperti tentang jumlah, pertumbuhan, dan komposisi penduduknya. · Peserta didik kemudian diminta mengumpulkan
informasi/data dari berbagai sumber, seperti: membaca buku siswa, mencari
informasi dari berbagai situs di internet,serta sumber lain yang relevan. MENGOLAH INFORMASI · Peserta
didik diminta menganalisis data/informasi untuk menjawab pertanyaan dan
membuat simpulan dari jawaban atas pertanyaan. MENGKOMUNIKASIKAN ·
Peserta didik menyampaikan
kesimpulannya secara lisan atau tertulis, misalnya, melalui presentasi
kelompok, diskusi, dan tanya jawab. |
60 menit |
|||
PENUTUP |
· Di
bawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran. · Sebagai
postes, guru memberikan tes dalam bentuk pertanyaan pilihan ganda. ·
Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran
yang telah dilakukan. · Guru
dan peserta didik mengucapkan salam dan berdoa |
10 menit |
G. MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1)
Media :
Globe, Gambar dan Video
2)
Alat : Laptop, HP, Alat tulis, speaker
3)
Bahan : Kertas
HVS, Lembar Kerja, Kuota Internet
H.
SUMBER
BELAJAR
1.
Iwan Setiawan dkk. 2016. Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs. Kelas IX. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
2.
Video
dinamika penduduk afrika
https://www.youtube.com/watch?v=g3Vf-Thkt4I
3.
Video
Dinamika penduduk Australia
https://www.youtube.com/watch?v=KrwrDdcp7Xw
4.
Lembar bahan ajar
I. PENILAIAN
1)
Jenis penilaian
a.
Sikap :
Jurnal
b.
Pengetahuan : Uraian
c.
Keterampilan : Presentasi dan Tugas
2)
Teknik penilaian
a.
Sikap :
Observasi
b.
Pengetahuan : Tertulis dan penugasan
c.
Keterampilan : Praktik
J. PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN
PEMBELAJARAN
Remedial :
1) Penyampaian
Materi regular dan Pemberian tes ulang dengan penyederhanaan. 2) Pemberian
tugas-tugas atau perlakuan (treatment) secara khusus, baik dipandu
langsung oleh guru atau teman sebaya yang terlebih dahulu mencapai ketuntasan
belajar yang sifatnya penyederhanaan dari pelaksanaan pembelajaran. |
1)
Pengayaan
dilaksanakan sebagai tindak lanjut analisis hasil penilaian bagi peserta
didik yang sudah tuntas 2)
Pengayaan
dilakukan dengan cara perserta didik diminta untuk mengidentifikasi /
menganalisis sumber daya alam Benua Afrika dan Australia. |
Pengayaan
Mengetahui Kepala Sekolah, IBRAHIM, S.Pd |
Sinjai, 20 Agustus 2022 Guru IPS kelas 9 AGUNG DARMADI, S.Pd |
Komentar
Posting Komentar