RPP IPS K13, PROBLEM BASED LEARNING KELAS IX, INTERAKSI ANTAR RUANG NEGARA ASIA DAN BENUA LAINNYA

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

(Pembelajaran Luar Jaringan)

 

Satuan Pendidikan      : SMP Islam Al-Kalam

Mata Pelajaran            : IPS Terpadu

Kelas / Semester          :  IX / 1

Tema                           :  Interaksi Antarruang Negara-negara Asia dan Benua lainnya

Sub Tema                    :   - Dinamika penduduk Afrika (pertemuan 1)

-  Dinamika Penduduk Australia (pertemuan 2)

Pembelajaran ke          :  14  dan 15

Alokasi waktu             :  4 x 40 menit ( 2 Kali Pertemuan)

 

A.    KOMPETENSI INTI

1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4.      Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

 

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

No

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

1

3.1       Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya
terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik

 

Pertemuan 1

3.1.1        Menjelaskan dinamika penduduk Benua Afrika. (Indikator Inti)

3.1.2        Menganalisis jumlah, sebaran, dan komposisi, pertumbuhan, kualitas dan dan keragaman etnik aspek-aspek budaya) Benua Afrika. (Indikator Pendukung).

Pertemuan 2

3.1.3        Menjelaskan dinamika penduduk Benua Australia.(Indikator Inti)

3.1.4        Menganalisis jumlah, sebaran, dan komposisi, pertumbuhan, kualitas dan dan keragaman etnik aspek-aspek budaya) Benua Australia. (Indikator Pendukung)

2

4.1 Menyajikan hasil telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi antarruang negaranegara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik

4.1.1        Menyajikan hasil telaah kegiatan pembelajaran dalam bentuk presentasi dengan penuh percaya diri dan santun.

 

 

 

 

 

 

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran peserta didik  diharapkan mampu:

1.     Dengan metode ceramah dan tanya jawab  peserta didik dapat menjelaskan pengertian dinamika penduduk Afrika dengan benar.

2.     Dengan berdiskusi peserta didik mampu menganalisis  jumlah, sebaran, dan komposisi, pertumbuhan, kualitas dan dan keragaman etnik aspek-aspek budaya) Benua Afrika dengan tepat.

3.     Dengan metode ceramah dan tanya jawab  siswa dapat menjelaskan dinamika penduduk Benua Australia dengan tepat.

4.     Dengan berdiskusi siswa mampu  menganalisis jumlah, sebaran, dan komposisi, pertumbuhan, kualitas dan dan keragaman etnik aspek-aspek budaya) Benua Australia.

5.     Dengan model pembelajaran problem based learning siswa mampu menyajikan hasil telaah kegiatan pembelajaran dalam bentuk presentasi dengan penuh percaya diri dan santun.

 

D.    MATERI PEMBELAJARAN

Pertemuan 1

1.    Dinamika Penduduk Afrika

2.    Jumlah, sebaran, dan komposisi, pertumbuhan, kualitas dan dan keragaman etnik aspek-aspek budaya) Benua Afrika.

Pertemuan 2

1.    Dinamika penduduk Benua Australia

2.    Jumlah, sebaran, dan komposisi, pertumbuhan, kualitas dan dan keragaman etnik aspek-aspek budaya) Benua Afrika.

E.     PENDEKATAN, MODEL, DAN METODE PEMBELAJARAN

1.    Pendekatan          : Saintifk

2.    Model                   : Pembelajaran kontekstual dan Problem based  learning

3.    Metode                 : Diskusi, Tanya jawab, ceramah

 

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pertemuan 1

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

KEGIATAN AWAL

·      Peserta didik dan guru mengucapkan salam dan berdoa.

·      Guru memeriksa kehadiran peserta didik.

·      Guru memberikan apersepsi dengan  menayakan pertanyaan  yang terkait dengan pembelajaran , misalnya bagaimana kondisi alam Benua Afrika secara umum? mengapa penduduk Afrika bermigrasi ke negara atau benua lain? kemudian mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari.

·      Guru menyampaikan model dan metode pembelajaran yang akan digunakan.

·      Guru menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan.

·      Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran.

 

10 menit

KEGIATAN INTI

 

 

STIMULASI

·      Guru menyampaikan penjelasan singkat bahwa dengan kondisi alam Benua Afrika yang sebagian besar tandus mempengaruhi kehidupan masyarakatnya. Peserta didik kemudian mengamati gambar/foto atau penayangan video kehidupan masyarakat gurun di Benua Afrika dan Indonesia.

 

 

Gambar : 1

orang gurun di afrika
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Gambar : 2

Tahun 2016, Sebanyak 12,6 Juta Orang Afrika Mengungsi
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Gambar : 3

4 Fakta Seputar Papua Barat
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Gambar 4.

Krisis Air, Krisis Pembangunan
 

 

 


                              

 

 

 

 

 

 

 

·      Guru memancing siswa untuk bertanya mengenai kondisi alam dan masalah yang dirasakan sendiri di lingkungan sekitarnya  .

·      Menentukan pertanyaan mendasar kegiatan pembelajaran , yaitu “Bagaimana pengaruh kondisi alam Benua Afrika terhadap kehidupan masyarakat dilihat dari faktor ekonomi dan sosial?”

 

IDENTIFIKASI MASALAH

·      Kelas dibagi ke dalam 4 (empat) kelompok untuk menyelesaikan masalah, yaitu menelaah pengaruh kondisi alam Benua Afrika terhadap kehidupan masyarakat dilihat dari faktor ekonomi dan Sosial.

·      Menyampaikan lembar kerja (LKPD) untuk dikerjakan dalam kegiatan pembelajaran.

 

PENGUMPULAN INFORMASI

·      Setiap kelompok melaksanakan penyelidikan  dengan cara mengumpulkan bahan/informasi  tentang pengaruh kondisi alam Benua Afrika terhadap kehidupan masyarakat dilihat dari faktor ekonomi dan Sosial melalui buku, internet, dan sumber yang relevan

·      Membimbing peserta didik berkenaan dengan tugas penyelesaian masalah 

 

PENGOLAHAN DATA

·      Peserta didik menuliskan dan menyimpulkan masalah dari beberapa informasi yang telah dikumpulkan.

 

PEMBUKTIAN

·      Hasil dari penyelesaian masalah dibuat  dalam bentuk laporan sederhana dipresentasikan atau dipublikasikan kepada peserta didik yang lain secara bergiliran, mulai dari kelompok 1, 2, 3, dan 4. Kelompok yang tidak tampil memberikan pertanyaan, tanggapan, atau bahkan sanggahan bila perlu.

 

60 menit

PENUTUP

·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru tentang materi yang dipelajari tentang Dinamika penduduk Afrika

·      Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran yang telah dilakukan

·      Guru melakukan evaluasi mengenai proses pembelajaran yang telah dilakuan.

·      Mengagendakan pekerjaan rumah mengenai dinamika penduduk Afrika dan mengingatkan materi pelajaran pada pertemuan berikutnya.

·      Guru dan Peserta didik mengucapkan salam dan berdoa

 

10 menit

 

Pertemuan 2

 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

KEGIATAN AWAL

·      Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa.

·      Peserta didik bersama guru mengondisikan kelas.

·      Guru memberi motivasi kepada peserta didik.

·      Peserta didik mengumpulkan tugas individu yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.

·      Guru menanyakan tentang materi pembelajaran berkaitan misalnya Apa hewan khas benua Australia.?

·      Guru menyampaikan model dan metode pembelajaran yang akan digunakan.

·      Guru menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan.

·      Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.

10 menit

KEGIATAN INTI

 

 

MENGAMATI

·      Peserta didik ditugaskan guru untuk mengamati video mengenai Benua Australia, kemudian mendiskusikan kondisi penduduk Australia beserta dinamikanya yang ingin diketahui dari pengamatan itu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 


MENANYA

·      Peserta didik diminta merumuskan pertanyaan dari hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan, misalnya.

1.    Apa nama suku Penduduk asli Australia?

2.    Apa saja bangsa pendatang di Benua Australia?

3.    Mengapa Australia didominasi oleh penduduk berkulit putih?

4.    Apakah penduduk Australia tersebar merata? dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

·      Satu persatu peserta didik diminta menuliskan pertanyaan di papan tulis.

·      Guru menyeleksi pertanyaan peserta didik yang sesuai dengan topik dan tujuan pembelajaran.

·      Guru membagi peserta didik kedalam beberapa kelompok kecil.

·      Guru memberikan lembar LKPD untuk dikerjakan dalam pembelajaran.

 

MENGUMPULKAN  INFORMASI

·      Peserta didik memperhatikan penjelasan singkat tentang dinamika penduduk Australia, seperti tentang jumlah, pertumbuhan, dan komposisi penduduknya.

·       Peserta didik kemudian diminta mengumpulkan informasi/data dari berbagai sumber, seperti: membaca buku siswa, mencari informasi dari berbagai situs di internet,serta sumber lain yang relevan.

 

MENGOLAH INFORMASI

·      Peserta didik diminta menganalisis data/informasi untuk menjawab pertanyaan dan membuat simpulan dari jawaban atas pertanyaan.

 

 

MENGKOMUNIKASIKAN

·      Peserta didik menyampaikan kesimpulannya secara lisan atau tertulis, misalnya, melalui presentasi kelompok, diskusi, dan tanya jawab.

 

 

60 menit

PENUTUP

·      Di bawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran.

·      Sebagai postes, guru memberikan tes dalam bentuk pertanyaan pilihan ganda.

·      Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran yang telah dilakukan.

·      Guru dan peserta didik mengucapkan salam dan berdoa

 

10 menit

 

G.    MEDIA/ALAT,  BAHAN DAN SUMBER BELAJAR

1)        Media       : Globe, Gambar dan Video

2)        Alat          : Laptop, HP, Alat tulis, speaker

3)        Bahan       : Kertas HVS, Lembar Kerja,  Kuota Internet

H.    SUMBER BELAJAR

1.        Iwan Setiawan dkk. 2016. Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs. Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

2.        Video dinamika penduduk afrika

https://www.youtube.com/watch?v=g3Vf-Thkt4I

3.        Video Dinamika penduduk Australia

https://www.youtube.com/watch?v=KrwrDdcp7Xw

4.        Lembar bahan ajar

I.       PENILAIAN

1)      Jenis penilaian

a.       Sikap                     : Jurnal

b.      Pengetahuan          : Uraian

c.       Keterampilan         : Presentasi dan Tugas

2)      Teknik   penilaian

a.       Sikap                     : Observasi

b.      Pengetahuan          : Tertulis dan penugasan

c.       Keterampilan         : Praktik

 

J.      PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN PEMBELAJARAN

Remedial :

1)    Penyampaian Materi regular dan Pemberian tes ulang dengan penyederhanaan.

2)    Pemberian tugas-tugas atau perlakuan (treatment) secara khusus, baik dipandu langsung oleh guru atau teman sebaya yang terlebih dahulu mencapai ketuntasan belajar yang sifatnya penyederhanaan dari pelaksanaan pembelajaran.

 

1)    Pengayaan dilaksanakan sebagai tindak lanjut analisis hasil penilaian bagi peserta didik yang sudah tuntas

2)    Pengayaan dilakukan dengan cara perserta didik diminta untuk mengidentifikasi / menganalisis sumber daya alam Benua Afrika dan Australia.

Pengayaan

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

IBRAHIM, S.Pd

                        

Sinjai,  20 Agustus 2022

Guru IPS kelas 9

 

 

 

AGUNG DARMADI, S.Pd

                

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PATOLOGI ADMINISTRASI

SELUK BELUK GEOGRAFI

PULAU SAMALONA