RPP IPS TERPADU MAPEL IPS KELAS VII SEMESTER 2

Satuan Pendidikan       :           SMPN SATAP Latondu No.48 Kep.Selayar

Kelas/Semester            :           VII/2

Mata Pelajaran             :           Ilmu Pengetahuan Sosial

Materi Pokok               :           Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara, Hindu –

Buddha, dan Islam

Alokas Waktu              :           8 x 40 menit

Pertemuan ke               :           16-20

Tahun Pelajaran           :           20../20..

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                        A.     KOMPETENSI INTI

1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3.      Memahami  pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak  mata

4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji  dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

B.     KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

 

NO

KOMPOTENSI DASAR

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPOTENSI

1

3.4  Memahami berpikir kronologi, perubahandankesinambungan dalamkehidupanbangsa Indonesia padaaspekpolitik, sosial, budaya, geografis, danpendidikansejakmasapraaksarasampaimasa Hindu-Buddha, dan Islam.

3.4.1.   Mengenal Masa Praaksara

3.4.2.   Periodisasi Masa Praaksara

3.4.3.   Nilai-Nilai Budaya Masa Praaksara

3.4.4.   Nenek Moyang Bangsa Indoneisa

 

 

 

2

4.4  Menyajikan hasil analisis kronologi, perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha, dan Islam

4.4.1.   Menyajikan hasil analisis kronologi, perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan masa praaksara

 

 

C.       TUJUAN PEMBELAJARAN

Pertemuan ke 16

Peserta didik diharapkan mampu:

a.       Menjelaskan bagaimana kehidupan manusia pada masa praaksara

b.      Menyebutkan benda peninggalan masa praaksara

 

Pertemuan ke 17

Peserta didik diharapkan mampu:

a.       Menjelaskan periodesasi masa praaksara

b.      Menjelaskan periodesasi secara geologis

c.       Menjelaskan  periodesasi secara arkeologis

 

Pertemuan ke 18

Peserta didik diharapkan mampu:

a.       Menjelaskan periodesasi berdasarkan perkembangan kehidupan

b.      Menjelaskan masa berburu dan mengumpulkan makanan

c.       Menjelaskan masa bercocok tanam

d.      Menjelaskan masa perundagian

 

Pertemuan ke 19

Peserta didik diharapkan mampu:

a.       Mengetahui nilai-nilai budaya masa praaksara

b.      Menjelaskan nilai-nilai budaya masa praaksara

Pertemuan ke 20

Peserta didik diharapkan mampu:

a.       Mengetahui bagaimana sejarah nenek moyang bangsa Indoneisa

b.      Menjelaskan bagaimana sejarah nenek moyang bangsa Indoneisa

 

D.     MATERI PEMBELAJARAN

a.       Materi Regular

Praaksara berasal dari  gabungan         kata, yaitu pra dan aksara. Pra artinya sebelum dan aksara berarti tulisan.                      Dengan demikian,           yang dimaksud masa praaksara adalah masa sebelum manusia mengenal tulisan. Masa praaksara disebut juga dengan masa nirleka (nir artinya tidak ada,  dan leka artinya tulisan), yaitu masa tidak ada tulisan. Masa praaksara dikenal pula dengan masa prasejarah.

 

Mengapa tulisan menjadi pembatas waktu masa praaksara? Aksara atau tulisan adalah hasil kebudayaan manusia. Fungsi utama dari aksara ini adalah untuk berkomunikasi dan membaca tentang sesuatu.Sekelompok manusia yang telah mengenal tulisan, biasanya meninggalkan catatan-catatan                                 tertulis     kepada generasi berikutnya Catatan itu dapat berupa batu bertulis (prasasti) dan naskah-naskah kuno.     Dari catatan tertulis tersebut, kita dapat mengetahui kehidupan orang-orang zaman dahulu. Dengan demikian penemuan aksara merupakan faktor penting untuk mengetahui suatu peradaban. Kapan waktu dimulainya masa praaksara dan   kapan waktu berakhirnya? Masa praaksara dimulai sejak manusia ada,itulah titik dimulainya masa praaksara. Adapun waktu berakhirnya masa praaksara adalah setelah manusia mulai mengenal tulisan. Berakhirnya masa praaksara tidak sama bak tiap-tiap bangsa. Misalnya bangsa Mesir dan Mesopotamia, mereka telah mengenal                  tulisan kira-kira 3.000 tahun sebelum Masehi. Artinya, mereka telah meninggalkan masa praaksara kira-kira 3.000 tahun sebelum Masehi. Adapun masyarakat di Indonesia mulai                                 mengenal tulisan sekitar abad ke-5 Masehi. Hal ini diketahui dari Yupa (batu bertulis peninggalan kerajaan Kutai) yang terdapat di Muara Kaman, Kalimantan Timur. Dengan demikian, bangsa Indonesia meninggalkan masa praaksara pada abad ke-5 Masehi. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, pada masa praaksara manusia belum mengenal tulisan, maka tidak ada peninggalan tertulis dari masa praaksara. Lalu, bagaimanakah cara mengetahui kehidupan manusia pada masa  tersebut? Kehidupan manusia pada masa praaksara dapat dipelajari melalui peninggalan-peninggalan yang ditinggalkan oleh manusia yang hidup pada waktu itu. Peninggalan itu dapat berupa artifak dan fosil. Artefak membantu kita untuk memperkirakan bagaimana perkembangan kehidupan manusia dan fosil membantu untuk mengetahui pertumbuhan fisik makhluk hidup pada masa praaksara.

 

b.      Materi Remedial

Periodisasi masa praaksara

A.     Periodisasi secara geologis

1.      Zaman Arkaikum

Zaman Arkaikum merupakan zaman tertua, zaman ini berlangsung kira-kira sejak 2.500 juta tahun yang lalu. Pada waktu itu kulit bumi masih sangat panas, sehingga belum terdapat kehidupan diatasnya.

2.      Zaman Palaeozoikum

Zaman kehidupan tua, berlangsung kira-kira         sejak 340 juta tahun yang lalu. Zaman ini sudah ditandai dengan munculnya tanda-tanda kehidupan, antaralain munculnya binatang-binatang kecil yang tidak bertulang punggung, berbagai jenis ikan, amfibi dan reptil.

3.      Zama Mesozoikum

Zaman kehidupan pertengahan, berlangsung sejak kira-kira140 juta tahun lalu. Pada zaman ini, kehidupan dibumi makin berkembang. Binatang-binatang mencapai bentuk tubuh yang besar sekali. Kita mengenalnya sebagai Dinosaurus. Disamping ini, juga mulai muncul berbagai jenis burung. Zaman mesozoikum disebut pula dengan zaman reptil karena pada zaman ini jenis binatang reptil yang paling banyak ditemukan.

4.      Neozoikum atau Kenozoikum

Zaman kehidupan baru, berlangsung sejak kira-kira 60 juta tahun yang lalu. Zaman ini dibagi menjadi dua, yaitu zaman tertier dan zaman kuartier.

 

B.     Periodisasi secara arkeologis

1.      Zaman Batu

Zaman batu   adalah zaman ketika sebagian besar perkakas penunjang kehidupan manusia terbuat dari batu. Berdasarkan hasil temuan alat-alat yang digunakan dan dari cara pengerjaannya, zaman batu dibagi menjadi tiga, yaitu Palaeolithikum, Mesolithikum, dan Neolithikum.

2.      Zaman Logam

Sebagai perkembangan dari zaman batu, manusia masuk kezaman logam. Pada zaman ini, manusia tidak hanya menggunakan bahan-bahan dari batu untuk membuat alat-alat kehidupannya, tetapi juga mempergunakan bahan dari logam, yaitu perunggu dan besi.

 

C.     Periodisasi berdasarkan perkembangan kehidupan

1.      Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan

Masa berburu makanan dibagi menjadi dua tingkat, yaitu masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana dan masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut

2.      Masa Bercocok Tanam

Setelah tahap   hidup berburu dan mengumpulkan      makanan dilampaui, manusia memasuki suatu masa kehidupan yang disebut masa bercocok tanam. Masa bercocok tanam diperkirakan semasa dengan zaman Neolithikum. Pada masa ini, peradaban manusia sudah mencapai tingkatan yang cukup tinggi. Manusia sudah memiliki kemampuan mengolah alam untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan bercocok tanam dan mengembangbiakan binatang ternak. Manusia sudah hidup menetap dan tidak lagi berpindah-pindah seperti halnya pada masa berburu dan mengumpulkan makanan. Mereka hidup menetap karena persediaan makanan sudah tercukupi.

 

c.       Materi Pengayaan

Nilai-nilai budaya masa praaksara di Indonesia

ü  Nilai religius

ü  Nilai gotong oyong

ü  Nilai musyawarah

ü  Nilai keadilan

ü  Tradisi bercocok tanam

ü  Tradisi bahari

Nenek moyang bangsa Indonesia

Paul dan Fritz Sarasin (Sarasin bersaudara) mengemukakan bahwa penduduk asli Indonesia adalah suatu ras yang berkulit gelap dan bertubuh kecil. Ras ini pada awalnya mendiami Asia bagian Tenggara yang saat itu masih bersatu sebagai daratan pada zaman es. Namun, setelah periode es berakhir dan es mencair, maka darat es tersebut mencair kemudian terpisah yang disebut dengan lautan Cina.

 

B.     METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan pembelajaran    : Scientific

Metode Pembelajaran          : Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan

Model Pembelajaran                        : Problem based learning

 

 

C.     MEDIA PEMBELAJARAN

1.    Buku belajar yang berkaitan dengan materi

2.    Leptop dan media viewer (LCD proyektor)

3.    Gambar-gambar yang berkaitan dengan peninggalan-peninggalan dari masa Praaksara di Indonesia.

 

D.     SUMBER BELAJAR

1.    Buku IPS (buku siswa) kelas VII SMP revisi 2016 yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI 2016, disusun oleh Iwan Setiawan, Dodi, Suciati, dan A. Mushlih.

 

E.      LANGKAH – LANGKAH  PEMBELAJARAN

KEGIATAN

URAIAN KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

Pertemuan XVI

 

Dalam kegiatan pendahuluan, guru:

1)      Mengarahkan peserta didik untuk membersihkan ruangan kelas sebelum proses belajar mengajar

2)      Membaca ayat suci al-qur’an

3)      Literasi

4)      Memberi Salam

5)      Berdoa

6)      Deteksi Dini

·      Mengecek Kehadiran Siswa

·      Mengecek Pengetahuan Prasarat Siswa

·      Mengecek Pemahaman Siswa tentang materi yang akan dipelajari

7)      Menyampaikan Tujuan Pembelajaran

8)      Menyampaikan langkah-langkah yang dilakukan dalam pembelajaran

9)      Mendemonstrasikan materi yang dipelajari tentang materi masa praaksara

10)  Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 4 – 5 orang.

10 menit

Kegiatan Inti

1.    Mengamati

a)      Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai masa praaksara.

b)      Peserta didik diminta untuk membaca buku, kemudian merangkum informasi penting mengenai masa praaksara.

c)      Peserta didik diminta untuk mencari informasi tambahan di media Internet, atau buku lain sehingga lebih menambah lagi pengetahuan peserta didik.

 

2.    Menanya

a)      Setelah membaca buku, peserta didik dipersilahkan untuk menanyakan bagian yang kurang dipahami, dan guru akan menjelaskannya.

b)      Peserta didik diberikan tugas kelompok dengan teman sebangku (siap kelompok terdiri atas 2 orang), kemudian akan diberikan soal untuk dijawab.

 

3.    Mengumpulkan data/informasi

a)    Peserta didik secara kelompok menjawab soal yang diberikan guru, mencari informasi di buku paket atau buku relevan, kemudian menuliskan kesimpulan pada lembar tugas.

 

4.    Mengasosiasi

a)      Peserta didik diminta mengolah dan menganalisis informasi/ data yang telah diperoleh dari berbagai sumber.

 

5.    Mengkomunikasi

a)    Peserta didik dalam kelompok penyaji diminta mempresentasikan hasil simpulan dari  jawaban atas pertanyaan yang telah diberikan.

b)   Peserta didik lainnya diminta untuk memberika tanggapan atas jawaban yang diberikan.

c)    Guru membantu peserta didik dalam menyimpulkan

 

60 menit

Penutup

1.    Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.

2.    Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.

3.    Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan.

4.    Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral

5.    Peserta diingatkan untuk menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru.

 

20 menit

Pertemuan XVII

Pendahuluan

Dalam kegiatan pendahuluan, guru:

1)      Mengarahkan peserta didik untuk membersihkan ruangan kelas sebelum proses belajar mengajar

2)      Membaca ayat suci al-qur’an

3)      Literasi

4)      Memberi Salam

5)      Berdoa

6)      Deteksi Dini

·      Mengecek Kehadiran Siswa

·      Mengecek Pengetahuan Prasarat Siswa

·      Mengecek Pemahaman Siswa tentang materi yang akan dipelajari

7)      Menyampaikan Tujuan Pembelajaran

8)      Menyampaikan langkah-langkah yang dilakukan dalam pembelajaran

9)      Mendemonstrasikan materi yang dipelajari tentang materi periodisasi masa praaksara secara geologis dan arkeologis

10)  Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 4 – 5 orang.

10 menit

Kegiatan Inti

1.      Mengamati

a)      Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai periodisasi masa praaksara secara geologis dan arkeologis.

b)      Peserta didik diminta untuk membaca buku, kemudian merangkum informasi penting mengenai periodisasi masa praaksara secara geologis dan arkeologis.

c)      Peserta didik diminta untuk mencari informasi tambahan di media Internet, atau buku lain sehingga lebih menambah lagi pengetahuan peserta didik.

 

2.    Menanya

a)      Setelah membaca buku, peserta didik dipersilahkan untuk menanyakan bagian yang kurang dipahami, dan guru akan menjelaskannya.

b)      Guru membagi kelas menjadi 6 kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas 3–6 orang.

 

3.    Mengumpulkan data/informasi

a)      Masing-masing kelompok diberi tugas untuk mencari informasi/data tentang periodisasi masa praaksara secara geologis dan arkeologis dengan rincian sebagai berikut:

ü  Kelompok 1 dan 2 mencari informasi mengenai periodisasi masa praaksara berdasarkan bukti geologis

ü  Kelompok 3 dan 4 mencari informasi mengenai periodisasi masa praaksara berdasarkan bukti arkeologis

b)      Peserta didik dapat mencari informasi/data berbagai sumber seperti membaca Buku Siswa, buku referensi lain yang relevan, atau jaringan internet jika tersedia fasilitas internet

 

4.    Mengasosiasi

a)    Peserta didik diminta mengolah dan menganalisis informasi/ data yang telah diperoleh dari berbagai sumber.

b)   Peserta didik diminta untuk menganalisis informasi/data tentang periodesasi masa prakaksara.

c)    Bersama kelompoknya, peserta didik diminta mendiskusikan informasi tersebut untuk mengambil kesimpulan.

d)   Peserta didik menulis kesimpulan hasil diskusi kelompok

 

5.    Mengkomunikasi

a)    Peserta didik dalam kelompok diminta mempresentasikan simpulan hasil diskusi kelompoknya.

b)   Kelompok lain diminta memberi tanggapan dan saran atas hasil simpulan kelompok yang presentasi.

c)    Peserta didik bersama guru mengambil simpulan atas jawaban dari pertanyaan.

 

60 menit

Penutup

1.    Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.

2.    Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.

3.    Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan.

4.    Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral

5.    Peserta diingatkan untuk menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru.

 

20 menit

Pertemuan XVIII

Pendahuluan

Dalam kegiatan pendahuluan, guru:

1)      Mengarahkan peserta didik untuk membersihkan ruangan kelas sebelum proses belajar mengajar

2)      Membaca ayat suci al-qur’an

3)      Literasi

4)      Memberi Salam

5)      Berdoa

6)      Deteksi Dini

·      Mengecek Kehadiran Siswa

·      Mengecek Pengetahuan Prasarat Siswa

·      Mengecek Pemahaman Siswa tentang materi yang akan dipelajari

7)      Menyampaikan Tujuan Pembelajaran

8)      Menyampaikan langkah-langkah yang dilakukan dalam pembelajaran

9)      Mendemonstrasikan materi yang dipelajari tentang materi periodesasi berdasarkan perkembangan kehidupan

10 menit

Kegiatan Inti

1.    Mengamati

a)      Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai periodesasi berdasarkan perkembangan kehidupan

b)      Peserta didik diminta untuk membaca buku, kemudian merangkum informasi penting mengenai periodesasi berdasarkan perkembangan kehidupan.

c)      Peserta didik diminta untuk mencari informasi tambahan di media Internet, atau buku lain sehingga lebih menambah lagi pengetahuan peserta didik.

 

2.    Menanya

a)      Setelah membaca buku, peserta didik dipersilahkan untuk menanyakan bagian yang kurang dipahami, dan guru akan menjelaskannya.

b)      Peserta didik diminta mencari informasi mengenai periodesasi berdasarkan perkembangan kehidupan di Indonesia

 

3.    Mengumpulkan data/informasi

a)    Berdasarkan informasi yang diperoleh, peserta didik diminta menuliskan periodesasi berdasarkan perkembangan kehidupan di Indonesia.

b)   Peserta didik dapat mencari informasi/data berbagai sumber seperti membaca Buku Siswa, buku referensi lain yang relevan, atau jaringan internet jika tersedia fasilitas internet

 

4.    Mengasosiasi

a)    Peserta didik diminta melakukan pengamatan terhadap masyarakat yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggalnya.

b)   Berdasarkan pengamatannya, peserta didik diminta menemukan kesamaan antara periodesasi berdasarkan perkembangan kehidupan pada masa praaksara dengan periodesasi berdasarkan perkembangan kehidupan

c)    Setelah itu, peserta didik diminta menulis kesamaan kesamaan antara periodesasi berdasarkan perkembangan kehidupan pada masa praaksara dengan periodesasi berdasarkan perkembangan kehidupan

 

5.    Mengkomunikasi

a)    Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru

b)   Peserta didik mendengarkan tanggapan guru terhadap hasil kerjanya.

c)    Masing-masing peserta didik membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.

 

60 menit

Penutup

1.    Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.

2.    Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.

3.    Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan.

4.    Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral

5.    Peserta diingatkan untuk menyempurnakan tugas, memperbaiki kesalahan-kesalahan.

 

20 menit

Pertemuan XIX

Pendahuluan

Dalam kegiatan pendahuluan, guru:

1)      Mengarahkan peserta didik untuk membersihkan ruangan kelas sebelum proses belajar mengajar

2)      Membaca ayat suci al-qur’an

3)      Literasi

4)      Memberi Salam

5)      Berdoa

6)      Deteksi Dini

·      Mengecek Kehadiran Siswa

·      Mengecek Pengetahuan Prasarat Siswa

·      Mengecek Pemahaman Siswa tentang materi yang akan dipelajari

7)      Menyampaikan Tujuan Pembelajaran

8)      Menyampaikan langkah-langkah yang dilakukan dalam pembelajaran

9)      Mendemonstrasikan materi yang dipelajari tentang materi nilai-nilai budaya masa praaksara.

10 menit

Kegiatan Inti

1.    Mengamati

a)      Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai nilai-nilai budaya masa praaksara..

b)      Peserta didik diminta untuk membaca buku, kemudian merangkum informasi penting mengenai masa praaksara.

c)      Peserta didik diminta untuk mencari informasi tambahan di media Internet, atau buku lain sehingga lebih menambah lagi pengetahuan peserta didik.

 

2.    Menanya

a)      Setelah membaca buku, peserta didik dipersilahkan untuk menanyakan bagian yang kurang dipahami, dan guru akan menjelaskannya.

b)      Peserta didik diminta mencari informasi mengenai nilainilai budaya masa praaksara di Indonesia

 

3.    Mengumpulkan data/informasi

a)    Berdasarkan informasi yang diperoleh, peserta didik diminta menuliskan nilai-nilai budaya masa praaksara di Indonesia.

b)   Peserta didik dapat mencari informasi/data berbagai sumber seperti membaca Buku Siswa, buku referensi lain yang relevan, atau jaringan internet jika tersedia fasilitas internet

 

4.    Mengasosiasi

a)    Peserta didik diminta melakukan pengamatan terhadap masyarakat yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggalnya.

b)   Berdasarkan pengamatannya, peserta didik diminta menemukan kesamaan antara nilai-nilai budaya masyarakat masa praaksara dengan nilai-nilai budaya yang ada pada masyarakat di sekitar tempat tinggalnya.

c)    Setelah itu, peserta didik diminta menulis kesamaan nilainilai budaya masyarakat praaksara dengan nilai-nilai budaya masyarakat di sekitar tempat tinggalnya. Misalnya, budaya gotong-royong, budaya musyawarah, dan lainnya. 

 

5.    Mengkomunikasi

a)    Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru

b)   Peserta didik mendengarkan tanggapan guru terhadap hasil kerjanya.

c)    Masing-masing peserta didik membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.

 

Penutup

1.   Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.

2.    Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.

3.    Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan.

4.    Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral

5.    Peserta diingatkan untuk menyempurnakan tugas, memperbaiki kesalahan-kesalahan.

 

Pertemuan XX

Pendahuluan

Dalam kegiatan pendahuluan, guru:

1)      Mengarahkan peserta didik untuk membersihkan ruangan kelas sebelum proses belajar mengajar

2)      Membaca ayat suci al-qur’an

3)      Literasi

4)      Memberi Salam

5)      Berdoa

6)      Deteksi Dini

·      Mengecek Kehadiran Siswa

·      Mengecek Pengetahuan Prasarat Siswa

·      Mengecek Pemahaman Siswa tentang materi yang akan dipelajari

7)      Menyampaikan Tujuan Pembelajaran

8)      Menyampaikan langkah-langkah yang dilakukan dalam pembelajaran

9)      Mendemonstrasikan materi yang dipelajari tentang materi nenek moyang bangsa Indonesia.

 

 

Kegiatan Inti

1.    Mengamati

a)      Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai nenek moyang bangsa Indonesia.

b)      Peserta didik diminta mengamati keragaman ciri-ciri fisik masyarakat Indonesia seperti warna kulit, roman muka, dan bentuk rambut.

c)      Selain perbedaan ciri-ciri fisik, peserta didik juga diminta mengamati keragaman  dalam nilai budaya, tradisi, dan bahasa?

d)      Berdasarkan hasil pengamatan, peserta didik menyebutkan contoh keragaman ciri fisik, budaya, tradisi, dan bahasa yang ada pada masyarakat Indonesia

2.    Menanya

a)      Peserta didik diminta untuk merumuskan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari keragaman yang ada pada masyarakat Indonesia.

Contoh; (1) Mengapa ada keragaman dalam nilai budaya, tradisi, dan bahasa? (2) Dari mana munculnya keragaman tersebut? (3) Apa kaitan antara keragaman tersebut dengan nenek moyang bangsa Indonesia? (4) Bagaimana caranya agar keragaman etnis yang ada dapat menjadi kekuatan untuk membangun bangsa dan negara kita?

b)      Peserta didik diajak untuk menyeleksi apakah pertanyaan yang dirumuskan sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran. Jika belum sesuai, peserta didik diminta memperbaiki rumusan pertanyaannya dengan panduan guru.

 

3.    Mengumpulkan data/informasi

a)    Peserta didik diminta mengumpulkan informasi/data untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan.

b)   Peserta didik dapat mencari informasi/data dari berbagai sumber seperti membaca Buku Siswa, buku referensi lain yang relevan, jaringan internet jika tersedia fasilitas internet.

 

4.    Mengasosiasi

a)    Peserta didik diminta mengolah dan menganalisis data atau informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan

b)   Peserta didik diminta menuliskan penjelasan tentang nenek moyang bangsa Indonesia dan hubungannya dengan keragaman yang ada.

c)    Peserta didik diminta menulis penjelasan mengenai caracara yang dapat dilakukan agar keragaman etnis yang ada dapat menjadi kekuatan untuk membangun bangsa.

 

5.    Mengkomunikasi

a)    Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru

b)   Peserta didik mendengarkan tanggapan guru terhadap hasil kerjanya.

c)    Masing-masing peserta didik membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.

60 menit

Penutup

1.    Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.

2.    Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.

3.    Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan.

4.    Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral

5.    Peserta diingatkan untuk menyempurnakan tugas, memperbaiki kesalahan-kesalahan.

6.    Peserta didik diingatkan untuk membaca materi selanjutnya dirumah.

 

20 menit

 

F.      PENILAIAN

1.      Teknik penilaian

a.      Penilaian kompetensi sikap

1)      Observasi : Sikap (spiritual dan sosial) 

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Ket.

Observasi

Jurnal

 

 

Saat pembelajaran berlangsung

Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

Catatan:Jurnal dipergunakan untuk mencatat perilaku luar biasa (positif atau negatif) siswa.

 

Jurnal perkembangan sikap spiritual dan sosial

No

Waktu

Nama

Catatan perilaku

Butir Sikap

Ttd Siswa

Tindak Lanjut

1.

17/07/17

Rizal  

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

2)      Penilaian Diri (Self Assesment)

No

Pernyataan

1

2

3

4

1.

Saya selalu berdoa sebelum melakukan aktivitas

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

Petunjuk: berilah tanda cemntang pada kolom “ya” atau “tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

3)      Penilaian Antar Teman

No

Pernyataan

Skala

1

2

3

4

1.

Teman saya mengerjakan sendiri tugas-tugas sekolah

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

Petunjuk: berilah tanda centang pada kolom “ya” atau “tidak” sesuai dengan keadaan kalian yang sebenarnya.

Keterangan:

1 = Sangat Jarang            2 = Jarang        3 = Sering        4 = Selalu

b.      Penilaian Kompetensi Pengetahuan              

No

Teknik

Bentuk Instrumen

Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Ket.

 

Lisan

Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka

1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan masa praaksara?

2.      Sebutkan benda-benda yang telah ditemukan padamasa praaksara.

Saat pembelajaran berlangsung

Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning)

 

Penugasan

Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda, benar-salah, menjodohkan, isian, dan/atau lainnya

1)      Jelaskan periodesasi masa praaksara secara geologis

2)      Jelaskan periodesasi masa praaksara secara arkeologis

 

Saat pembelajaran berlangsung

Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning)

 

Tertulis

Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda, benar-salah, menjodohkan, isian, dan/atau lainnya

1.      Jelaskan kapan dimulainya masa praaksara?

2.      Mengapa tulisan dijadika acuan waktu dalam zaman praaksara?

3.      Tuliskan periodisasi masa praaksara.

4.      Jelaskan bagaimana perkembangan masyarakat pada masa berburu dan mengumpulkan makanan, masa bercocok tanam, dan masa perundagian!

5.      Jelaskan nilai-nilai budaya pada masa praaksara di Indonesia?

Setelah pembelajaran usai

Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)

 

Portofolio

Sampel pekerjaan terbaik hasil dari penugasan atau tes tertulis

Jelaskan secara jelas bagaimana keadaan nenek moyang bangsa Indonesia!

Saat pembelajaran usai

Data untuk penulisan deskripsi pencapaian pengetahuan (assessment of learning)

 

Pedoman penskoran :

No

Soal / Kunci jawaban

Skor

Ket.

1.

Jelaskan kapan dimulainya masa praaksara?

20

 

2.

Mengapa tulisan dijadika acuan waktu dalam zaman praaksara?

20

 

3.

Tuliskan periodisasi masa praaksara!

20

 

4.

Jelaskan bagaimana perkembangan masyarakat pada masa berburu dan mengumpulkan makanan, masa bercocok tanam, dan masa perundagian!

20

 

5.

Jelaskan nilai-nilai budaya pada masa praaksara di Indonesia?

20

 

Skor  Maksimum

100

 

Total Skor Maksimum

 

 Nilai   =    Skor perolehan   x  100

                   Skor maksimal

 

 

 

 

 

 

c.       Penilaian Keterampilan

§  Teknik penilaian          : (Teknik praktik, proyek, dan penilaian portofolio)

No

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Ket.

1

Proyek

Tugas besar

Carilah peninggalan-peninggalan masyarakat pada masa berburu dan mengumpulkan makanan, masa bercocok tanam, serta perundagian, kemudian tempelkan pada kertas karton dan berikan keterangan pada setiap gambar!

Selama atau usai pembelajaran berlangsung

Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)

2

Porto-folio

Sampel produk terbaik dari tugas atau proyek

Pajanglah hasil karyamu di kelas masing-masing

Saat pembelajaran usai

Penilaian untuk pembelajaran dan sebagai data untuk penulisan deskripsi pencapaian keterampilan

 

§  Bentuk instrumen        : Checklist

No.

Aspek yang dinilai

Skor

5

4

3

2

1

0

1

Keaktifan peserta didik

Mencakup keaktifan peserta didik dalam pengerjaan proyek kelompok

 

 

 

 

 

 

2

Kelayakan isi

Mecakup keakuratan materi dan kemuktahiran.

 

 

 

 

 

 

3

Kelayakan penyajian.

Keterlibatan peserta didik secara aktif, sehingga berani memaparkan/menjelaskan apa yang dipahami di depan kelas.

 

 

 

 

 

 

4

Bahasa

Bahasa yang digunakan jelas (tidak bersifat ambigu), mudah dipahami, dan komunikatif.

 

 

 

 

 

 

5

Kreativitas

Menarik, ide yang berbeda, dan inofatif

 

 

 

 

 

 

Jumlah Skor

 

Keterangan :

§  LKPD

(Pertemuan XVI)

Adapun LKPD yang diberikan berbasis aktivitas kelompok, setiap kelompok terdiri atas 2 orang.

(Pertemuan XVII)

Adapun LKPD yang diberikan berbasis aktivitas kelompok, setiap kelompok terdiri atas 6 orang.

 

§  Kisi-Kisi

Pertemuan ke

Masalah (Study kasus)

XVI

 

 

 

 

XVII

Masing-masing kelompok diberi tugas untuk mencari informasi/data tentang periodesasi masa praaaksara dengan rincian sebagai berikut:

ü  Kelompok 1 dan 2 mencari informasi mengenai periodisasi masa praaksara berdasarkan bukti geologis

ü  Kelompok 3 dan 4 mencari informasi mengenai periodisasi masa praaksara berdasarkan bukti arkeologis

XVIII

Masing-masing kelompok diberi tugas untuk mencari informasi/data tentang periodesasi masa praaaksara dengan rincian sebagai berikut:

ü  Setiap Kelompok mencari informasi mengenai periodisasi masa praaksara berdasarkan perkembangan kehidupan

 

 

 

2.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

Pembelajaran remedial merupakan pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik apabila jika nilai KD  KKM. Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian. Adapun KKM yang ditetapkan pada materi tersebut adalah 77,50.

Keterangan:

Nilai Peserta Didik tiap nomor =  x  bobot soal

 

 

Program Tindak Lanjut

1.      Peserta didik yang memeroleh nilai KD < KKM mengikuti remedial.

2.      Adapun jenis remedial yang dilakukan diantaranya sebagai berikut :

 

ü  Pemberian pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda jika jumlah peserta yang mengikuti remedial lebih dari 50%;

ü  Pemberian bimbingan secara khusus, misalnya bimbingan perorangan jika jumlah  peserta didik yang mengikuti remedial maksimal 20%;

ü  Pemberian tugas-tugas kelompok jika jumlah peserta yang mengikuti remedial lebih dari 20 % tetapi kurang dari 50%;

ü  Pemanfaatan tutor teman sebaya

ü  Jika nilai KD  KKM maka lanjut ke materi berikutnya

 

                  Latondu,  Januari 20..

Mengetahui

Kepala  Sekolah,                                                                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

ADHI CHANDRA, S. Pd                                                                        AGUNG DARMADI, S.Pd

NIP. 197402242009032005                                                                     NIP.198809072011011014

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PATOLOGI ADMINISTRASI

SELUK BELUK GEOGRAFI

PULAU SAMALONA